Kamis, 18 Agustus 2011

What Is Angina?

curcol dikit:

pernah nggak kalian merasakan nyeri di dada sebelah kiri? tapi hanya hitungan detik saja. aku pernah. [malah bangga] *gubrakk
enggak tau mulai kapan, aku pernah *cenat cenut di bagian itu. hanya 1, 2, 3 detik sampai bahkan 1 menit aku pernah. [itu kalo versiku]
waktu hanya 1 detik, rasanya kaget, tiba-tiba *cenuuutt, mataku langsung terbelalak kaget *lebayy setelah itu, normal kembali, nggak tau itu kenapa.
waktu 1 menit, aku hanya merasakan 1 kali, sewaktu aku kelas 8 [smp], kalau enggak salah saat jam kosong, waktu aku lagi ngobral-ngobrol, tiba-tiba *cenuutt, aku pegangi bagian itu, dan saat aku ambil nafas, *cennuutt'nya malah tambah sakit, jadi aku hanya bisa ambil nafas 1 cm 1 cm *lebayy, saat itu temenku enggak tau, soalnya dalam keadaan seperti itu aku masih bisa gerak sana gerak sini [sambil memegangi dada kiriku] tapi akhirnya juga normal kembali,
semenjak itu, paling-paling aku hanya merasakan yang beberapa detik saja, itu pun sekarang sudah agak jarang, yang aku hafal biasanya itu terjadi pas aku renang [maksudku enggak pas renang'nya]
tambahan lagi, aku pernah sakit di bagian itu ketika aku sedang tidur. waktu itu sekitar jam .. *krik krik krik *nggak inget pokoknya udah malem, aku tidur terlentang biasa, menghadap depan, sewaktu aku ingin miring ke kanan, bagian itu sakit, seperti tertekan, tapi anehnya waktu aku mau menghadap ke kiri, nah.. biasa biasa aja tuh. aneh sekali bukan?

dan waktu aku nyari di google, aku nemu ini:

Penyakit angina pectoris merupakan suatu sindroma gangguan pada dada berupa perasaaan nyeri, terlebih saat sedang berjalan, mendaki, sebelum atau sesudah makan. Angina (angina pectoris) adalah nyeri dada yang bersifat sementara, dapat juga merupakan rasa tertekan pada dada, yang terjadi karena otot jantung mengalami kekurangan oksigen akibat terganggunya aliran darah ke arteri yang mengalirkan darah ke arahnya. Penyumbatan atau penyempitan arteri jantung yang mengakibatkan angina adalah jika penyumbatannya mencapai 70%

Tak hanya rasa nyeri, keluhan angina kadang digambarkan sebagai rasa tidak enak di dada, rasa tertekan benda berat, sesak napas atau napas terasa sukar, serta rasa panas di dada. Lokasi nyeri atau rasa tidak nyaman tadi umumnya dirasakan hanya di dada kiri, walaupun beberapa pasien merasakannya menjalar ke bahu, lengan kiri, leher, dagu atau punggung.
Apakah angina selalu disebabkan oleh penyakit jantung koroner? Ternyata tidak semua angina disebabkan oleh adanya gangguan aliran darah jantung atau penyakit jantung koroner. Ada beberapa kondisi yang dapat pula menyebabkan timbulnya angina. Pada pasien anemia berat misalnya, kurangnya jumlah oksigen yang dihantar ke seluruh tubuh termasuk ke jantung menjadi pencetus timbulnya angina. Juga pada orang yang mengalami gangguan katup jantung. Kadang-kadang, ada penyakit di luar jantung, misalnya tukak lambung (sakit maag), yang dapat memberikan gejala mirip angina pectoris.
lega bukan? sekarang sudah tau kan apa itu angina.. ^^
silakan koreksi diri anda masing-masing, semoga tidak terjadi apa-apa,

9 komentar:

  1. wah nek ngunuki aku bola bali
    kwkwkwk
    malah ng dodo kanan
    sangar ra???
    wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi kan kowe orak hiperhidrosis ng telapakmu kan?

      Hapus
    2. hiper hidrosis?
      telapak tangan selalu basah?
      opo ono benjolan2 gatel berisi air?

      Hapus
    3. telapak tangan mbe kakiku berkeringat, nerfes po orak pun ttp berkeringat,
      ketiak jg.. deodoran seng jarene canggih pun rak mempan

      Hapus
    4. iso wae faktor keturunan
      lha wong aku wae ya sitik2 kmringet akeh
      padahal obahku sitik, sumuke sitik...

      Hapus
    5. oak makku raono sg koyo ngono.. mas mbakku juga raono sg koyo ngono..

      Hapus
    6. ati2 jantung lho..
      tapi nek jantung ki tangane anyep jere...
      nek basah tapi ra anyep ya ga jantung
      ahaha

      Hapus
    7. yo.. kapan2 nek tanganku teles tak lap ke kowe jajal ya XD

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...