Kamis, 25 Agustus 2011

Belajar Memaafkan


Sesuatu yang sangat amat sulit sekali bukan?

'memaafkan'
:)

Tidak semudah itu memaafkan seseorang yang telah menorehkan luka,
Tidak semudah itu memaafkan seseorang yang telah menghancurkan hidup kita,
Tidak semudah itu memaafkan seseorang yang telah mengubah pandangan orang lain terhadap kita,
Tidak semudah itu memaafkan seseorang yang telah menyalahkan kita tanpa sebab,
Tidak semudah itu memaafkan seseorang yang telah menyeret kita dalam masalah yang kita sendiri tidak tahu kapan berakhirnya,

Akan tetapi kalau kita belajar sedikit demi sedikit, itu semua akan menjadi mudah :)
Kenapa haru mendendam, kalau dendam kita tidak terbalaskan, sakit juga bukan?
Kenapa harus marah, bukankah malah memperpendek umur sendiri?
Kenapa kita harus selalu mengingatnya, toh mereka tidak akan mengingat kita,
Kenapa harus diungkit-ungit, kalau semua itu malah menjadi sakit,

Untuk apa semua itu dilakukan, tidak ada keuntungan bagi kita,
Kenapa kita tidak memaafkannya saja, dan melupakan kejadian yang pernah mereka lakukan terhadap kita,
Beres kan?

Itu malah lebih menyenangkan :)
Lupakan saja, anggap itu angin lalu, lebih mudahnya, anggap itu seperti 'kentut' toh kalau sudah dikeluarkan tidak akan kembali lagi bukan? :D

Dan mulai sekarang aku akan memaafkan semua orang yang pernah aku anggap sebagai perusak kehidupanku,
Aku akan memaafkan teman-teman yang pernah mengucilkanku, menuduhku, dan membuatku terpuruk :)
Aku akan memaafkan seseorang yang telah melukai hatiku tempo dulu :)
Aku akan memaafkan seseorang yang membuatku terpengaruh oleh ucapannya dan menyeretku ke dalam masalah :)
Aku akan memaafkan orang-orang yang pernah menusukku dari arah mana pun :)

Mulai sekarang aku akan berhenti mendendam, dan mencoba untuk menyambung tali persaudaraan lagi :)

Kalian juga akan melakukan hal yang sama kan? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...